MotoGP Kejuaraan Balap Dunia


motogp race 2013MotoGP adalah kejuaraan dunia balap motor yang dimulai tahun 1949 oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) hingga saat ini yang didominasi 4 pabrikan besar yaitu Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki (akan menjadi peserta kembali pada tahun 2015). Motor MotoGP adalah motor yang memang benar – benar dibuat secara khusus untuk balapan sehingga pengembangan teknologi secara fisik maupun elektronik selalu dikembangkan dari musim ke musimnya. Hal ini sangat berbeda dengan balapan motor lainnya yang menggunakan motor produk umum / masal kemudian dimodifikasi dan dibuat untuk balapan, tak heran kalo untuk 1 motor saja setiap pabrikan di ajang MotoGP menggelontorkan dana berjuta – juta dolar. Uniknya lagi motor MotoGP tidak dijual untuk umum atau dalam istilah tidak diperjual belikan dipasaran, namun bukan tidak mungkin bagi kita yang memiliki kantong lebih untuk mendapatkan motor MotoGP tersebut, salah satunya adalah melalui lelang.

MotoGP biasanya diselengggarakan pada bulan April sampai November di tahun yang bersangkutan. Dengan jadwal yang umunya di mulai dari sirkuit MotoGP di Qatar (satu satunya balapan malam di ajang MotoGP) dan di akhiri dengan sirkuit Valencia (Spanyol). Jumlah balapan (race) rata – rata dalam seiap musimnya 17 – 18 kali balapan.

MotoGP terdiri dari 3 kelas yaitu Moto3, Moto2, dank alas para raja yaitu kelas MotoGP. Moto3 terbilang adalah kelas yang sangat baru di ajang MotoGP setelah menggantikan nama kelas penggantinya yaitu kelas 125cc, juga bisa dibilang adalah kelas level 1 yang biasanya selalu diisi oleh rider mda mulai dari umur 14-17 tahun. Pada saat level ini menggunakan nama 125cc mesin yang digunakan adalan mesin 125cc namun pada tahun 2012 kemaren FIM merubah nama 125cc menjadi Moto3 dengan kapasitas 250cc.

Menginjak level selanjutnya adalah level kelas menengah yaitu level Moto2, level ini menggunakan mesin 600cc Honda CBR600RR dengan sasis prototype, level ini juga diisi oleh rider – rider muda yang rata – rata umurnya antara 17-20 tahun. Nama Moto2 ada sejak tahun 2010 menggantikan nama yang sebelumnnya kelas 250cc

Level kelas motoGP lebih trendnya disebut juga kelas para raja. Kelas ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1000cc. Kelas ini sudah mengalami bebberapa perubahan yaitu dari 500cc di sejak berdirinya MotoGP sampai tahun 2002 kemudian menjadi 990cc. Namun, pada tahun 2007, kapasitas mesin diturunkan menjadi 800cc. Kemudian, karena ada beberapa pendapat dari beberapa petinggi MotoGP untuk meningkatkan keseruan ajan MotoGP, FIM mengumumkan bahwa pada tahun 2012 mesin MotoGP dinaikkan menjadi 1000cc, namun dengan pertimbangan menaikkan system elektronik control guna menekan jumalah kecelakaan dan cidera pada saat balapan.

Kemudian, di tahun yang sama, FIM juga mengeluarkan kebijakan baru dengan memperbolehkan motor – motor 1000cc produk massal untuk bersaing di MotoGP yang berikutnya kita sebut dengan CRT (Claiming Rule Team), hal ini memungkinkan bagi tim yang memiliki dana minim untuk ikut ajang MotoGP dengan sasis prototipe, namun ada batasan dari kebijakan ini yaitu, tim pabrikan seperti Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki tidak boleh menggunakan motor produk masal.

Tak hanya dibuat balapan, motor – motor MotoGP juga dijadikan ajang gengsi dan unjuk kekuatan serta kemajuan teknologi setiap pabrikan motor. Tak khayal kalo di setiap tahunnya tim – tim pabrikan bekerja keras agar motor yang mereka kembangkan memiliki kekuatan lebih daripada motor pabrikan lain. Ambisi setiap pabrikan untuk menjadi yang terbaik membuat mereka berani menggelontorkan biaya yang sangat fantastis karena bahan – bahan yang mereka pakai sangat mahal dan jarang ada di pasaran. Sebagai contoh, untuk mesin MotoGP meraka menggunakan Titanium dan untuk sasis memnggunakan carbon fiber reinforced plastic yang terbilang sangat ringat. Kemudian dari sisi teknologi dan elektonik, meraka menggunakan engine management systems, telemetri, rem cakram karbon,kontrol traksi, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari teknologi mesin mobil F1.

Leave a Reply